Penutupan KKN Ke 37 :: Penutupan KKN Ke 37 :: Penutupan KKN di Kecamatan Jakenan berlangsung dengan Hikmat. :: Rublik Ramadhan hari Kamis, 3 Agustusi 2012 (Lihat Jawapos Radar Kudus) :: Rublik Ramadhan hari Rabu, 2 Agustusi 2012 (Lihat Jawapos Radar Kudus) ::

Rublik Ramadhan hari Rabu, 2 Agustusi 2012 (Lihat Jawapos Radar Kudus)

Diposting oleh : P3M - STAIN KUDUS
Kamis, 02 Agustus 2012 - 14:05:10 WIB


RAMADHAN BULAN KESABARAN
Oleh: SANTOSO
Nabi Muhammad SAW bersabda: “Hai manusia! Telah datang kepada kamu satu bulan yang mulia, bulan rahmat… dimana bulan ini mewajibkan kamu berpuasa di siang hari dan sukarela bersholat pada malamnya. Barang siapa yang mendekati Allah dengan melakukan segala amalan sunnah di bulan ini akan menerima ganjaran seperti melakukan amalan wajib di lain hari. Ini merupakan bulan kesabaran dan kesabaran itu imbalannya surga. Ini juga bulan sedekah dan bulan dimana rezeki orang beriman bertambah…” (Diriwayatkan Ibn Khuzaymah).
Dari hadits diatas dapat diambil kesimpulan bahwa puasa dapat menambah kesabaran bagi orang yang menjalankannya, karena orang yang berpuasa harus sabar menahan hawa nafsu dalam bentuk apapun, sabar menahan haus dan lapar dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari, sabar meredakan amarah, dan lain-lain. Itulah kesabaran yang dilakukan bagi orang yang berpuasa dibulan ramadán dan puasa adalah ibadah rahasia yang tahu hanyalah Allah Swt dan yang menjalankan saja.
Berpuasa menjadi peluang keemasan bagi orang beriman yang benar-benar takut kepada Allah dan kesempatan dimanfaatkan untuk mendekatkan diri padanya. Melaksanakan perintahnya dengan bersabar menahan lapar sepanjang hari selepas melewatkan sahur dan sebelum menyegerakan berbuka menjadi bukti menuntut kerendahan Allah. Di sebabkan itulah, orang Islam yang istiqomah mencari kerendahan Allah akan meraih bulan ini dengan penuh kesabaran, keikhlasan, kegembiraan dan kesyukuran. Sepanjang bulan ramadhan juga umat Islam akan memastikan setiap langkahnya di penuhi dengan amalan-amalan yang diturunkan Allah selain menunaikan yang diwajibkan. Tidak kurang juga mereka yang tidak mengamalkan hidup secara Islami di hari lain akan mengubah perilaku dengan berpuasa sepanjang Ramadhan. Ini karena mereka percaya Allah akan membersihkan dan menyucikan kesalahan mereka dengan menunaikan kewajiban ini. Dengan itu, secara tidak langsung bulan ini bermakna seseorang itu akan mendekati agamanya dan meninggalkan perbuatan buruk yang dilakukannya. Bulan ramadhan juga sesungguhnya telah menurunkan kadar jenayah dengan peraturan yang tinggi di seluruh Negara Islam. Penipuan, penghianatan, fitnah dan umpat mengumpat akan ditinggalkan karena mereka menyadari akan larangan ketika berpuasa. Semangat dan keazaman mereka untuk berfikir dan melakukan perbuatan baik juga meningkat. Orang yang berpuasa juga akan dilindungi Allah dari segala hasutan syaitan untuk melupakan manusia dari bersyukur dan bersabar. Mereka yang tidak pernah merenung untuk berfikir berapa banyak karunia yang telah Allah turunkan untuk mengucapkan syukur berulang kali di atas segala peluang dan kesehatan yang kita rasakan. Berpuasa di bulan Ramadhan adalah “kunci kepada kesabaran, kebenaran, keikhlasan, kemuncak dan kesejagatan syukur”.



Pengumuman

>> Lihat Semua Pengumuman

Agenda

>> Lihat Semua Agenda

Download

Video Youtube